Pentingnya System Informasi Managemen, dan dampaknya jika perusahaan mengabaikannya, beserta contoh kasus sukses perusahaan yang menerapkannya.

  

Teknologi informasi muncul sebagai akibat semakin merebaknya globalisasi dalam kehidupan organisasi, semakin kerasnya persaingan bisnis, semakin singkatnya siklus hidup barang dan jasa yang ditawarkan, serta meningkatnya tuntutan selera konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. 

Untuk mengantisipasi semua ini, perusahaan mencari terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi diharapkan dapat menjadi fasilitator dan interpreter. Semula teknologi informasi digunakan hanya terbatas pada pemrosesan data. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi tersebut, hampir semua aktivitas organisasi saat ini telah dimasuki oleh aplikasi dan otomatisasi teknologi informasi.

Kalian mungkin bertanya apa itu TI? Teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai perpaduan antara teknologi Komputer dan telekomunikasi dengan teknologi lainnya seperti perangkat keras, perangkat lunak, database, teknologi jaringan, dan peralatan telekomunikasi lainnya. Selanjutnya, teknologi informasi dipakai dalam sistem informasi organisasi untuk menyediakan informasi bagi para pemakai dalam rangka pengambilan keputusan.

           Apa sih Sistem Informasi Managemen itu? Sistem informasi merupakan suatu system di dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat managerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Adanya system informasi dalam sebuah perusahaan sangat dapat membantu para karyawan dalam bekerja sehingga pekerjaan mereka menjadi efektif dan efisien. 

            Penerapan seperti ini berguna juga bagi perusahaan start up dimana untuk menghasilkan model managemen system informasi bisnis yang efektif dan efisien dengan pencapaian hasil yang maksimal bagi start up bisnis.

            System informasi itu penting dalam kehidupan sehingga setiap orang terutama pekerja kantor harus memahami implikasi terhadap perubahan dalam teknologi informasi sebagai ganti dari merencanakan untuk menghadapinya, dan menggunakan perubahan tersebut sebagai suatu keunggulan kompetitif. 

            Dan system informasi managemen harus digunakan dengan baik agar dapat mengantisipasi dan memahami peluang ekonomis system informasi yang menerapkan teknologi informasi baru serta membantu menjamin kualitas keterampilan sumber daya manusia dalam memanfaatkan system informasi suatu managemen.

 Bagi organisasi yang ingin maju dan berkembang, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan teknologi sepanjang hal itu dapat mempermudah perusahaan menyesuaikan diri dengan lingkungannya (Hanscombe, 1989).


Berikut beberapa dampak negatif yang akan dihadapi perusahaan jika perusahaan masih belum menggunakan Sistem Informasi Managemen:

  1. Operasional dalam sebuah instansi menjadi tidak efisien
  2. Tidak memperkokoh perekonomian karena tidak adanya kemajuan dalam hal IT
  3. Membuat Ketergantungan manusia  terhadap sistem informasi managemen, sehingga rasionalitas manusia itu sendiri dikesampingkan
  4. Lambatnya pergerakan masuk-keluarnya informasi yang mengakibatkan proses produksi lebih lama daripada perusahaan yang menggunakan SIM
  5. Tertinggal dalam persaingan dengan kompetitor yang lebih maju

Dilihat dari beberapa dampak negatif diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa jika perusahaan tidak menerapkan  SIM maka perusahaan tersebut jelas akan kalah dalam persaingan dipasar dikarenakan karena kurangnya jaringan informasi dan efisiensi yang bisa disediakan oleh SIM. Sistem informasi itu begitu krusial di era globalisasi ini dimana setiap pesaing selalu mencoba yang terbaik untuk menjangkau seluruh pasar dunia dengan bantuan Sistem informasi seperti internet.


Teknologi informasi sangat berperan dalam pengelolaan sistem informasi manajemen mulai dari entry data, pengelolaan data, dan pengiriman data informasi. Dengan adanya teknologi informasi semua kerja kita dapat berjalan lebih mudah dan lebih cepat. Sehingga pada saat ini tidak susah lagi jika kita ingin mengelola sistem informasi manajemen di manapun dan kapanpun. 

Salah satu contoh perusahaan yang sukses mengaplikasikan SIM dalam operasionalnya aalah sebagai berikut;


Penerapan MIS (Managemen Informasi Sistem) pada bagian personalia di perusahaan LG

LG Electronics,  Inc (LG) adalah pemimpin global dan inovator dalam teknologi elektronik konsumen, komunikasi mobile, dan home appliances, memperkerjakan lebih dari 84.000 orang yang bekerja di 112 operasi termasuk 81 anak perusahaan di seluruh dunia. Pada tahun 2008, penjualan secara global mencapai $44,7 Milyar, LG terdiri dari lima unit bisnis - Home Entertainment, Mobile Communication, Home Appliances, penyejuk udara  dan Business Solutions. LG adalah salah satu terkemuka di dunia produsen panel datar TV, produk audio dan video, mobile handset, AC dan mesin cuci.

LG Electronics didirikan pada tahun 1958 dan sejak itu memimpin jalan ke era digital yang maju berkat keahlian teknologi manufaktur yang diperoleh oleh banyak home appliances seperti radio dan TV. LG Electronics telah meluncurkan banyak produk baru diterapkan teknologi baru dalam bentuk perangkat mobile dan TV digital di abad 21 dan terus memperrkuat statusnya sebagai perusahaan global.

Sistem Informasi Managemen PT. LG Electronics Indonesia dalam mengendalikan Inventori

PT. LG Electronics Indonesia memiliki suatu portal yang terdiri dari sistem-sistem yang dapat diakses oleh semua pegawai PT. LG Electronics Indonesia yang berada di seluruh Indonesia. Portal tersebut dinamakan LG Electronics Enterprise Portal atau dapat disingkat dengan LGEP. Seluruh pegawai yang telah memiliki akses resmi dapat menggunakan protal ini untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan. Akses tersebut berupa E-mail yang didapatkan secara resmi dari PT. LG Electtronics Indonesia. Sehingga dengan log in menggunakan E-mail tersebut ke dalam portal ini seluruh pegawai akan mendapatkan atau  memberikan informasi terbaru mengenai data-data perusahaan. Namun, portal ini dan E-mail ini hanya dapat diakses di lingkungan perusahaan saja.

Yang dibahas dalam bagian ini adalah suatu system yang digunakan oleh PT. LG Electronics Indonesia dalam mengendalikan inventori yang dimiliki perusahaan. System tersebut dinamakan Global Digital Logistic System atau dapat disingkat dengan GDLS.


Sekian artikel yang saya sampaikan jika ada pertanyaan atau diskusi boleh dicantumkan dikolom komentar, semoga bermanfaat bagi para pembaca semua.


Referensi:

https://prezi.com/4mmr_morcpgo/perkembangan-dan-peranan-sistem-teknologi-informasi/

https://www.academia.edu/11538463/1_Perkembangan_dan_Peranan_Sistem_Teknologi_Informasi

https://accurate.id/marketing-manajemen/sistem-informasi-manajemen-arti-fungsi-contoh-dan-manfaatnya/

Komentar